Senin, 22 Juni 2009

AL QURAAN DI MASA ABU BAKAR. R .A


Tentara islam yang ikut di zaman abu bakar untuk membrantas nabi palsu ,maka banyak pejuang islam gugur 70 orang penghafal al quraan .
oleh karena itu umar bin khotob khuwatir akan gugur nya shabat penghafal alquraan yang lain yang masih hidup sehinga perlu ayat ayat alquraan itu perlu di kumpulkan Abu bakar menjawab''mengapa aku akan mengumpulkan sesuatu yang tidak di perbuat oleh rasullulah '' lalu umar menegaskan''demi alloh ini adalah perbuatan yang baik'' berulang kali umar memberi alasan kebaikan mengumpulkan alquraan ini sehingga alloh membukakan hati abu bakar untuk pendapat umar. kemudian abu bakar memanggil zaid bin tsabit . dan berkata:engkau adalah seorang penulis wahyu yang slalu di suruh oleh rasululloh oleh karena itu maka kumpulkanlah ayat ayat alquraan itu kemudian zaid mengumpulkan ayat ayat alquraan dari daun ,pelapah qurma batu ,tulang onta, dan dari shabat yang hafal alquraan zaid mengumpulkan ayat ayat itu dengan amat telitih walaupun dia telah hafal alquraan tetapi untuk kepentingan pengumpulaan alquraan beliau mencocokan hafalan sahabat lain nya atau catatan shabat yg lain dengan di sasikan oleh dua orang saski .
dengan demikiaan alqurqqn seluruh nya di tulis oleh zaid bin tsabit dalam lembaran lembaran dan di ikat nya denagan benar tersusun menurut urutan ayat ayat nya sesuai yang di tetapkan oleh rasululloh. setelah itu kumpulan atau( mushaf ) di serahkan kepada abu bakar sampai dia wafat kemudian di pindahkan kerumah umar bin khotob setelah umar wafat di pindahkan di rumah hafsah putri umar istri rasululloh sampai penyusunan alquraan sampai kholifah usman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar